Terbukti Ampuh Manfaat Okra dan Cara Mengolahnya Yang Benar

Manfaat Okra dan Cara Mengolahnya - Bagi masyarakat Indonesia mungkin masih kurang familiar dengan sayuran okra. Sayuran asli dari Afrika ini termasuk jenis tanaman kapas-kapasan dengan buah yang mempunyai kandungan gizi yang sangat tinggi. Manfaat okra dan cara mengolahnya sudah sangat terkenal didataran Eropa dan Amerika. Bahkan dibeberapa negara seperti Thailand dan Jepang okra menjadi salah satu menu favorit yang banyak disukai oleh banyak orang. Okra ini selain enak juga bisa bagus untuk membantu menjaga kesehatan tubuh.


Manfaat Okra dan Cara Mengolahnya,cara memasak,cara mengolah,untuk menurunkan,berat badan,cara membuat,jus okra,manfaat lendir,lendir okra,water okra,cara mengkonsumsi,okra untuk diet,manfaat okra,
Baca juga : Manfaat Okra Untuk Hipertensi
Cara Mengolah Okra yang Paling Praktis dan Benar
Sebagai sayuran sekaligus buah, okra ini harus diolah dengan benar. Hal ini dikarenakan okra mempunyai duri halus pada kulitnya. Sehingga jika termakan bisa menyebabkan gangguan dan kesehatan. Oleh karena itu, Anda perlu mengenal manfaat okra dan cara mengolahnya dengan benar. Adapun cara mengolah okra yang paling praktis dan benar yaitu:

Potong bagian ujung okra
Cara mengolah okra yang benar yaitu pertama kali bagian ujung okra harus dibuang. Ujung okra ini mempunyai bentuk yang lancip dan tajam. Bagian ujung sayuran ini memang cukup berbahaya, hal ini dikarenakan bisa melukai kulit Anda. Oleh karena itu, sebelum diolah maka sebaiknya bagian ujungnya harus dibuang terlebih dahulu. Anda bisa memotong bagian ujung okra dengan pisau yang tajam.

Buang bulu halus yang ada pada okra
Tidak hanya bagian ujungnya saja yang tajam, pada bagian badan okra juga terdapat bulu halus yang cukup tajam. Oleh karena itu, Anda harus membersihkan terlebih dahulu bagian bulu halus okra dengan cara memotong memanjang bagian luar okra. Dengan memotongnya maka Anda sudah menghilangkan bulu halus pada okra dan okra siap untuk diolah.

Jadikan okra sebagai minuman segar
Okra yang sudah dibersihkan juga bisa dijadikan sebagai minuman yang segar. Cara membuat minuman segar dari okra ini cukup mudah yaitu potong okra dengan ukuran sedang kemudian rendam dalam air dingin. Masukkan rendaman okra ini pada lemari es selama 2 sampai 3 jam atau sampai keluar lendirnya. Air yang berlendir ini bisa langsung diminum dan rasanya sangat menyegarkan. Anda bisa menggunakan okra sebagai minuman segar kurang lebih tiga kali pemakaian.

Masak sesuai dengan selera
Tidak hanya bisa dijadikan sebagai minuman segar saja, okra juga bisa diolah menjadi masakan dengan rasa yang lezat. Anda bisa mengolah okra menjadi tumis ataupun masakan yang lainnya. Agar lendir okra tidak keluar pada saat dimasak maka salah satu caranya yaitu dengan menambahkan cuka ke dalam makanan.

Manfaat okra dan cara mengolahnya ini memang cukup praktis dan mudah. Namun untuk mendapatkan okra saat ini hanya bisa dibeli di supermarket besar. Hal ini dikarenakan sayuran ini merupakan sayuran impor. Walaupun di Indonesia budidaya okra sudah dilakukan, namun ketersediaannya masih cukup terbatas sehingga tidak banyak pasar tradisional biasa yang menjual sayuran berkhasiat ini.