Postingan

Manfaat Leunca Untuk Wanita, Lalapan Mungil Kaya Manfaat

Seperti yang banyak dibahas pada beberapa referensi, tanaman leunca sudah sedemikian luas pemanfaatannya dalam berbagai bidang, antara lain di dunia kuliner dan kesehatan. Dalam bidang kuliner tentu tidak asing dengan tanaman leunca yang sering dimanfaatkan untuk lalapan. Di daerah Jawa Barat, hal ini menjadi lalapan wajib disamping terung muda, kacang panjang, daun kemangi, dan juga tentunya ditemani sambal. Jika berbicara secara khusus, manfaat leunca untuk wanita bisa dikatakan sama dengan pria.
Kesuburan, Anti Kanker, dan Mencegah Diabetes
Untuk pria, beberapa manfaat leunca diantaranya untuk menambah vitalitas dan kesuburan. Namun di sisi lain terdapat beberapa kandungan zat dalam leunca yang malah bersifat negatif untuk kesehatan reproduksi, yaitu mengurangi jumlah dan kualitas sperma. Kaitannya dengan kesehatan, leunca memiliki kandungan mineral bermanfaat diantaranya zat besi, lemak, kalsium, fosfor, dan beberapa vitamin. Beberapa mineral tersebut baik untuk kesehatan tubuh khususnya kaum wanita.
Bagi wanita yang sedang hamil, tanaman leunca menjadi salah satu yang boleh dikonsumsi dalam jumlah yang tidak berlebihan. Hal ini karena tanaman leunca juga mengandung zat yang harus diwaspadai dalam jumlah berlebih karena dapat merusak tubuh. Manfaat leunca untuk wanita hamil adalah memperkuat janin dan memberikan nutrisi kepada calon bayi dalam kandungan.
Selain itu, kandungan antioksidan dalam leunca mampu memperkuat imunitas terhadap radikal bebas penyebab kanker. Seperti diketahui, sekarang banyak radikal bebas ditemukan dalam makanan dan bahkan udara kotor. Manfaat leunca untuk wanita khususnya mencegah berkembangnya sel kanker. Wanita yang memang lebih rentan menderita kanker sangat dianjurkan mengkonsumsi buah leunca ini. Jika Anda adalah tipe wanita yang tidak terlalu menyukai makan sayuran, mengkonsumsi leunca bisa dimasak menjadi tumis dicampur dengan udang ebi untuk menyamarkan rasa langu.
Sebenarnya rasa dan aroma leunca tidak terlalu langu atau pahit seperti pada buah pare. Hanya saja, bagi beberapa orang yang tidak terbiasa akan menjadi aneh di lidah. Mengkonsumsi leunca secara periodik baik untuk membantu mengobati tekanan darah tinggi dan diabetes. Penyakit darah tinggi dan diabetes tidak hanya dimonopoli saja oleh kaum adam. Ada kalanya para wanita juga rentan terkena hipertensi dan diabetes di usia muda. Oleh karena itu, salah satu manfaat leunca bagi kesehatan wanita adalah mengurangi kadar gula dalam darah penyebab diabetes.
Cara menggunakannya adalah dengan merebus sekitar 10-30rg buah leunca. Kemudian air hasil rebusannya diminum. Rasanya tawar, tidak langu atau pahit. Jika masih kurang yakin, cobalah menambahkan gula jawa atau gula jagung, tapi jangan gula pasir. Itulah beberapa manfaat leunca untuk wanita. Anda bisa mempraktekkannya sendiri di rumah. Cara pengolahannya pun cukup mudah. Untuk menjadikan lalapan, Anda hanya tinggal merebusnya sebentar.