Manfaat Hubungan Internasional Bidang Ideologi dan Politik

Manfaat Hubungan Internasional Bidang Ideologi - Di era globalisasi seperti saat ini, hubungan dan kerja sama antar negara menjadi sangat penting. Baik itu kerja sama bilateral, regional ataupun multilateral. Tidak ada satu pun negara di dunia yang mampu berdiri sendiri, lepas dari negara-negara lainnya. Bahkan, kerja sama antar negara tersebut akan sangat membantu stabilitas keamanan dan pertumbuhan ekonomi. Karena itu berbagai bidang kerja sama terus ditingkatkan, antara lain bidang pertahanan keamanan, ekonomi, sosial, ideologi dan politik. Bangsa Indonesia juga merasakan banyak manfaat hubungan internasional bidang ideologi dan politik dengan negara lain. 


Manfaat Hubungan Internasional Bidang Ideologi,alasan hubungan,hubungan internasional,kelas 12,jawaban pkn,halaman 149,bidang pertahanan,contoh hubungan,bidang sosial,bidang ekonomi,manfaat hubungan,
Baca juga : Manfaat Kangen Water pH 11 Dalam Kehidupan Sehari-hari
  • Manfaat Dari Hubungan Internasional Bidang Ideologi
Sejak kemerdekaan, Indonesia menganut ideologi Pancasila. Ideologi ini berbeda dengan ideologi liberal dan juga komunis yang saat itu banyak dianut. Kini, diberbagai belahan dunia bermunculan ideologi-ideologi baru, baik yang berdasarkan atas kebudayaan bangsa maupun agama. Dengan adanya beragam ideologi tersebut, maka sangat penting dilakukan hubungan internasional bidang ideologi. Salah satu manfaat hubungan internasional bidang ideologi adalah membuat bangsa kita mengetahui nilai-nilai ideologi yang dianut oleh bangsa lain. 

Setelah mengetahui ideologi yang dianut oleh bangsa lain, maka pemerintah Indonesia bisa melakukan antisipasi terhadap pengaruh-pengaruh negatif yang mungkin dimiliki oleh ideologi-ideologi tersebut. Sebagai contohnya adalah ideologi yang dianut oleh ISIS dan disebarkan pada masyarakat di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Semakin menyebarnya ideologi ISIS, menjadi alasan mengapa suatu negara melakukan kerja sama dengan negara lain dalam bidang ideologi. Untuk menangkal ideologi ISIS bahkan telah dilakukan kerja sama regional dan multilateral. 

  • Manfaat Dari Hubungan Internasional Bidang Politik
Bidang ideologi tidak terlepas dari bidang politik. Negara-negara yang melakukan kerja sama ideologi juga umumnya melakukan kerja sama bidang politik. Manfaat hubungan internasional bagi suatu negara dalam bidang politik memang sangat besar. Salah satunya adalah untuk mempererat hubungan diplomatik antara kedua negara. Hubungan diplomatik yang erat akan memudahkan berbagai urusan antar negara, diantaranya menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang terjadi pada tenaga kerja Indonesia yang banyak berada di negara-negara lain. 

Selain mempermudah berbagai urusan yang menyangkut warga negara Indonesia di negara lain, kerja sama politik juga mampu memperkuat posisi suatu negara di kancah internasional. Sebuah negara yang kuat secara politik akan mampu memiliki kewibawaan dan peran yang lebih besar dalam berbagai bidang di dunia. Sebagai contohnya adalah pada jaman pemerintahan Presiden Soekarno, dimana Indonesia yang memiliki kekuatan politik besar mampu menjadi salah satu pendiri negara Nonblok. 

Manfaat hubungan internasional bidang ideologi dan politik memang tidak bisa dianggap remeh. Walaupun kini kemajuan suatu negara banyak dilihat dari segi ekonomi, tetapi permasalahan ideologi dan politik tetap memiliki peran yang besar. Sebuah negara akan mampu melakukan pembangunan jika secara ideologi maupun politik tidak ada gangguan yang serius. Karena itulah hubungan internasional kedua bidang ini harus selalu dijaga dan ditingkatkan.