5 Manfaat Tutut Untuk Ibu Hamil dan Janinnya

Manfaat Tutut Untuk Ibu Hamil - Keong sawah atau lebih dikenal dengan tutut merupakan salah satu hewan yang dianggap hama bagi kebanyakan petani. Namun tahukah Anda, bahwa kandungan gizi dalam tutut ternyata cukup tinggi dan sangat baik untuk kesehatan tubuh terutama untuk ibu hamil. Manfaat tutut untuk ibu hamil ini cukup banyak dan sudah dibuktikan secara klinis. Nah, dalam pembahasan kali ini penulis akan memberikan informasi lengkap apa saja manfaat memakan tutut bagi ibu hamil dan janinnya.


Manfaat Tutut Untuk Ibu Hamil,manfaat makan,makan tutut,ibu hamil,hamil muda,tutut bagus,bahaya makan,hukum makan,manfaat tutut,ibu menyusui,untuk liver,manfaat kreco,bagi tubuh,
Baca juga : Manfaat Ubi Ungu Rebus Bagi Kesehatan
Manfaat tutut untuk ibu hamil sangatlah banyak, berikut ini hanya beberapa manfaat penting makan tutut bagi ibu hamil:

Membantu memenuhi kebutuhan kalsium ibu hamil
Manfaat tutut yang pertama bagi ibu hamil adalah bisa memenuhi kebutuhan kalsium ibu hamil. Pada masa kehamilan ibu harus mengonsumsi banyak kalsium untuk menunjang perkembangan janin dalam rahimnya. Salah satu makanan yang kaya akan kalsium dan disarankan untuk ibu hamil adalah tutut.

Membantu memenuhi protein pada saat hamil
Manfaat makan tutut bagi ibu hamil yang selanjutnya adalah dapat membantu memenuhi protein. Kehamilan adalah masa yang berat dimana ibu harus mengkonsumsi banyak protein untuk perkembangan janinnya. Selain itu, protein juga diperlukan untuk membantu agar ibu selalu dalam keadaan sehat dan mempunyai daya tahan tubuh yang kuat.

Bagus untuk perkembangan otak janin
Masih jarang yang mengetahui bahwa dalam tutut ini mengandung omega 3 dan omega 6 yang sangat tinggi. Omega 3 dan omega 6 merupakan zat yang sangat dibutuhkan dalam pertumbuhan otak pada janin. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi tutut maka ibu bisa mendapatkan bayi yang cerdas.

Bagus untuk kulit ibu hamil
Pada saat kehamilan terkadang ibu akan mengalami kulit kering karena kekurangan vitamin E. Dengan mengonsumsi tutut, maka kulit ibu hamil bisa tetap cantik dan sehat. Hal ini dikarenakan didalam tutut mengandung vitamin E dan vitamin A yang sangat bagus untuk kesehatan kulit ibu hamil. 

Menghindari kecacatan pada bayi pertama lahir
Banyak yang mengatakan makan siput saat hamil tidak diperbolehkan, namun tahukah Anda didalam tutut mengandung vitamin dan mineral yang sangat bagus untuk ibu hamil. Dengan adanya vitamin dan mineral ini maka kebutuhan gizi ibu pada saat hamil bisa terpenuhi dengan baik. Sehingga pada saat melahirkan bayi akan terhindar dari cacat pada tubuhnya.

Tutut memang bagus untuk ibu hamil, namun dalam mengolah tutut juga harus benar. Hal ini dikarenakan dalam tutut juga terdapat bagian yang kurang bagus untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Untuk mendapatkan manfaat tutut untuk ibu hamil maka harus dimasak sampai matang dan cangkang luarnya dibuang. Tidak hanya itu, bagian belakang tutut dan lendirnya juga harus dibuang. Selain itu, sebaiknya sebelum diolah tutut direbus dan dibersihkan terlebih dahulu sampai benar-benar bersih.