Jangan Abaikan Manfaat Ubi Ungu Rebus Bagi Kesehatan

Manfaat Ubi Ungu Rebus - Ubi adalah salah satu sumber karbohidrat yang banyak digemari masyarakat selain nasi. Ubi sendiri ada berapa jenis, yaitu yang berwarna ungu, kuning maupun putih. Diantara ketiga jenis ubi tersebut, jenis ubi ungu memiliki banyak sekali keunggulan. Manfaat ubi ungu rebus bagi kesehatan ternyata begitu luar biasa, karena itu kehadiran ubi ungu sebagai makanan alternative sehari-hari tidak boleh diabaikan. Terutama jenis ubi ungu yang ditanam dengan cara alami tanpa pestisida dan obat-obatan, tentu akan semakin baik. 


Manfaat Ubi Ungu Rebus,manfaat ubi,ubi ungu,bagi kecantikan,manfaat air,air rebusan,bahaya ubi,untuk diet,ubi kuning,ibu hamil,untuk bayi,efek samping,
Baca juga : Manfaat UKG Bagi Guru Honor, Bukan Sekedar Ujian!
Kandungan ubi ungu diantaranya adalah betakaroten yang mencapai 9.900 mg per 100 gr. Jumlah zat yang sangat baik bagi kesehatan mata tersebut jauh lebih tinggi ketimbang yang terdapat pada bit dan tomat. Selain betakaroten di dalam ubi ungu juga terdapat antosianin, seperti yang dikandung blueberry, kol merah, bit dan jenis sayur-sayuran atau buah berwarna ungu lainnya. Antosianin merupakan jenis antioksidan, bersifat anti kanker serta berfungsi menghambat perkembangan sel-sel kanker

Bagi Anda penderita diabetes, manfaat ubi ungu rebus juga sangat bermanfaat karena nilai indeks glikemik yang rendah. Dengan demikian, mengkonsumsi ubi ungu rebus bisa membantu Anda mengatasi lapar tanpa khawatir kadar gula darah meningkat. Sementara itu, bagi Anda yang memiliki masalah pencernaan, ubi ungu bisa dijadikan alternative pangan yang baik untuk kesehatan pencernaan Anda. Hal ini karena ubi memiliki zat prebiotik yang sangat baik bagi pertumbuhan bakteri baik guna memperbaiki pencernaan. 

Khasiat ubi ungu rebus selain sebagai anti kanker, kaya anti oksidan, menyehatkan pencernaan, melindungi kesehatan mata, juga baik untuk terapi berbagai jenis penyakit. Penderita penyakit kardiovaskuler, diabetes, stroke, gangguan hati, gangguan usus atau pencernaan, bahkan wasir dan sembelit bisa diringankan dengan mengkonsumsi ubi ungu. Bagi Anda yang memiliki bayi atau balita, ubi ungu juga sangat baik untuk diberikan sebagai makan pendamping ASI. Hal ini karena ubi mudah dicerna dan kaya nutrisi.

Cara terbaik untuk menghidangkan ubi ungu yang penuh manfaat adalah dengan cara dikukus atau direbus. Ketika dikukus, kandungan nutrisi dalam ubi lebih terjaga, ketimbang Anda mengkonsumsi atau mengolahnya dalam bentuk ubi goreng atau keripik. Memang, olahan ubi tidak hanya direbus atau digoreng. Ubi sangat lezat jika dibuat berbagai bubur tradisional, biji salak, brownies ubi, gethuk, timusan, mie ubi ungu dan berbagai jenis makanan lainnya. Tentu Anda bisa membuat kreasi ubi menjadi berbagai menu enak. 

Namun demikian, manfaat ubi ungu rebus akan lebih optimal seandainya Anda mengolahnya dengan benar. Hindari pengolahan dalam bentuk goreng-gorengan. Ubi rebus atau kukus yang dibuat berbagai varian makanan jauh lebih sehat. Air rebusan ubi ungu pun bisa Anda konsumsi karena masih mengandung banyak nutrisi penting. Sekarang, setelah mengetahui banyak sekali manfaat ubi ungu, Anda tidak lagi memandang ubi secara sebelah mata bukan?