Manfaat Waluh Rebus, Si Kuning Kaya Manfaat

Manfaat Waluh Rebus - Waluh atau labu kuning adalah salah satu jenis buah yang enak diolah menjadi berbagai masakan manis. Misalnya, kolak, bubur, jenang, dan berbagai masakan tradisional lainnya. Rasa waluh rebus sangat lezat, manis dan legit serta mudah dicerna. Karenanya buah ini sering diberikan pada bayi sebagai makanan pendamping ASI. Selain rasa yang enak, manfaat waluh rebus juga segudang. Waluh rebus atau kukus kaya akan antioksidan, betakaroten, protein, lemak dan karbohidrat sehingga baik untuk mencegah berbagai jenis penyakit. 


Manfaat Waluh Rebus,efek samping,makan labu,labu kuning,manfaat labu,asam lambung,manfaat waluh,waluh kuning,khasiat labu,labu putih,untuk diet,bahaya makan,dampak negatif,
Baca juga : Manfaat Wardah White Secret Night Cream
Kandungan waluh rebus selain betakaroten, karbohidrat, protein dan lemak juga mengandung mineral penting seperti kalsium, fosfor, kalium, tembaga, zat besi, natrium, dan seng. Waluh rebus juga kaya akan berbagai jenis vitamin seperti vitamin A, C, E, K, lutein, zeaxanthin, riboflavin,tiamin, niasin, Vitamin B6, asam folat, patoneat, dan pro vitamin A yang tinggi. Jadi tidak heran jika waluh rebus menjadi bagian dari menu alternative yang sehat, tidak hanya untuk anak-anak tetapi juga orang dewasa.

Beberapa manfaat waluh rebus diantaranya adalah membantu menjaga kesehatan mata. Antioksidan yang terkandung pada waluh membantu tubuh melawan radikal bebas, termasuk mencegah kanker. Penderita kanker juga bisa mengkonsumsi waluh rebus sebagai penolong agar stamina lebih baik dan kanker tidak berkembang cepat. Selain itu, waluh rebus jika dikonsumsi secara rutin akan memberikan cukup vitamin E yang sangat penting untuk merawat kesehatan kulit. 

Manfaat waluh rebus yang lain adalah membantu mengatasi anemia, karena waluh rebus kaya akan zat besi. Tingginya kalsium dan fosfor dalam waluh rebus juga membantu kesehatan tulang dan gigi secara alami. Bagi Anda yang tidak mengkonsumsi susu, akan sangat baik jika Anda memasukan waluh rebus ke dalam menu sehari-hari keluarga Anda. Dengan demikian, sumber-sumber nutrisi penting dapat terpenuhi, termasuk kalsium, zat besi, berbagai jenis vitamin dan mineral lainnya. 

Cara memasak waluh yang benar adalah dengan cara dikukus atau direbus. Pertama cuci bersih kulit waluh, tidak perlu dikupas, karena kulit waluh sebetulnya sangat tipis dan lunak ketika sudah direbus atau kukus. Dibagian bawah permukaan kulit waluh tersimpan banyak manfaat, selain pada daging buahnya. Sementara itu biji waluh juga dapat dikonsumsi dengan cara disangrai tanpa minyak. Biji waluh mirip biji kuaci, rasanya lezat dan mengandung banyak lemak baik yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Jika Anda merebus waluh, Anda dapat meminum air rebusannya. Manfaat waluh rebus juga terdapat di dalam air rebusannya. Karena itu Anda bisa membuatnya sebagai menu kolak atau bubur waluh. Cukup tambahkan sedikit gula merah karena rasa waluh rebus sudah sangat manis. Mengkonsumsi waluh rebus bisa memberikan rasa kenyang, sehingga baik untuk diet. Selain itu waluh juga baik untuk pencernaan, sehingga bisa membantu meredakan Anda yang sedang mengalami sembelit. Banyak sekali bukan, manfaat waluh?