5 Manfaat Puasa Senin Kamis Menurut Kejawen dan Islam

Puasa Senin Kamis identik dengan puasa sunah yang sangat disarankan dalam Islam. Begitu juga dalam ilmu kejawen, Senin Kamis juga sangat disarankan bagi siapa saja yang ingin mendapatkan ketenteraman dalam hati dan jiwanya. Manfaat puasa Senin Kamis menurut kejawen dan Islam ini sangatlah banyak, tidak hanya bagus untuk kesehatan tubuh saja tapi juga bagus untuk rohani atau jiwa manusia. Khusus dalam pembahasan kali ini, penulis akan memberikan informasi penting apa saja manfaat dari melaksanakan puasa Senin Kamis menurut kejawen dan Islam.


Manfaat Puasa Senin Kamis Menurut Kejawen dan Islam,manfaat puasa,puasa weton,weton sendiri,puasa senin,senin kamis,cara puasa,selasa kliwon,kamis pahing,weton pasangan,neptu 40,weton pacar,
Baca juga : 4 Manfaat Puasa Sya Ban Menurut Islam
Manfaat puasa Senin Kamis menurut kejawen lebih kepada kekuatan spiritual dan ketenteraman hati. Padahal melaksanakan puasa Senin Kamis tidak hanya bermanfaat untuk spiritual saja tapi juga bagus untuk kesehatan tubuh. Nah, berikut ini manfaat puasa Senin Kamis secara spiritual dan kesehatan tubuh:

Memberikan ketenangan hati
Secara spiritual kejawen seseorang yang rutin melakukan puasa pada hari Senin Kamis maka hatinya akan tenang. Hal ini dikarenakan pada saat melakukan puasa berarti kita akan berusaha semaksimal mungkin untuk tidak melakukan hal-hal yang tercela sekecilpun. Dengan demikian hati akan bersih dan akan merasakan ketenangan.

Menyehatkan pencernaan
Tidak banyak yang menyadari bahwa setiap hari sistem pencernaan selalu bekerja mengolah makanan dan minuman yang dimakan. Dengan puasa pada hari Senin dan Kamis kita berarti secara rutin memberikan waktu istirahat kepada sistem pencernaan sehingga sistem pencernaan akan selalu sehat.

Meremajakan kulit
Manfaat melaksanakan puasa Senin Kamis juga bisa membantu meremajakan kulit. Hal ini dikarenakan pada saat melakukan puasa berarti kita tidak makan dan tidak minum sehingga kulit bisa melakukan regenerasi dengan maksimal. Kulit akan tampak lebih muda dan bercahaya jika rutin melakukan puasa pada hari Senin dan Kamis.

Menghilangkan racun dalam tubuh
Puasa pada hari Senin dan Kamis juga bisa dijadikan sebagai detokfikasi alami untuk tubuh. Detokfikasi alami dengan puasa ini bisa menghilangkan semua racun yang masuk kedalam tubuh. Hal ini dikarenakan jika melakukan puasa maka tubuh secara alami akan mengeluarkan semua racun yang menumpuk pada tubuh.

Sebagai tirakat untuk mendapatkan hal yang diinginkan
Tirakat puasa Senin Kamis juga sering dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu. Memang benar adanya jika kita menginginkan sesuatu harus melakukan usaha terlebih dahulu. Salah satu usaha batiniah yang bisa dilakukan adalah melakukan puasa Senin Kamis secara rutin.

Manfaat puasa Senin Kamis menurut kejawen dan Islam ini memang sangat bagus. Terlepas dari adat kejawen, puasa pada hari Senin dan Kamis ini memang sangat dianjurkan dalam ajaran Islam. Didalam hadist yang shahih dijelaskan bahwa melakukan puasa Senin Kamis bisa menjadikan orang yang melakukannya masuk surga dan dapat membuat wajahnya lebih bercahaya dan bersinar.