4 Manfaat Puasa Sya Ban Menurut Islam

Manfaat Puasa Sya Ban - Manfaat puasa sya ban dalam Islam sangatlah besar. Melakukan puasa sunah pada bulan sebelum bulan Ramadhan ini memang sangat dianjurkan. Hal ini disebutkan dalam berbagai hadits dan ayat alquran. Bulan Sya’ban ini merupakan bulan dimana semua catatan amalan manusia dihadapkan kepada Allah SWT, sehingga sangat disarankan untuk mengisi bulan Sya’ban dengan ibadah yang sebaik-baiknya. 


Manfaat Puasa Sya Ban,waktu puasa,puasa sya'ban,pahala puasa,pengertian puasa,keutamaan puasa,nisfu sya'ban,jatuh tanggal,sya'ban 2017,puasa nisfu,niat puasa,bulan sya'ban,manfaat puasa,
Baca juga : Manfaat Puasa Weton Menurut Islam
Didalam Islam dijelaskan ada 4 manfaat utama jika melaksanakan puasa sya ban, keempat manfaat puasa sya ban tersebut yaitu:

Sebagai latihan sebelum berpuasa Ramadhan
Manfaat utama dari melakukan puasa pada bulan Sya’ban adalah melatih tubuh sebelum melakukan puasa Ramadhan selama satu bulan penuh. Dengan melakukan puasa Sya’ban satu bulan sebelum bulan Ramadhan maka bisa melatih tubuh agar tidak terlalu kaget ketika kita melakukan puasa Ramadhan. Latihan ini bisa membuat lambung dan alat pencernaan terbiasa ketika melakukan puasa Ramadhan.

Menyehatkan badan
Manfaat lainnya dari melakukan puasa Sya’ban adalah menyehatkan tubuh. Dengan berpuasa secara tidak langsung kita mengistirahatkan sistem pencernaan sehingga dapat melakukan regenerasi dengan sempurna. Selain itu, melakukan puasa juga sangat disarankan, hal ini dikarenakan puasa bisa membuat tubuh semakin berenergi dan sehat.

Mendapatkan pahala yang berlipat ganda
Pahala puasa Sya’ban berlipat-lipat ganda. Hal ini tentunya menjadi salah satu keuntungan bagi umat Islam yang melaksanakan puasa pada bulan Sya’ban. Allah sudah menjanjikan kepada umat Islam yang melakukan puasa pada bulan Sya’ban dengan surga terbaik-Nya. 

Diampuni semua dosa-dosanya oleh Allah
Manfaat yang terakhir jika melakukan puasa pada bulan Sya’ban adalah semua dosa-dosa yang pernah diperbuat diampuni oleh Allah SWT. Hal ini disampaikan oleh Allah dalam Alquran bahwa siapa saja yang melakukan puasa pada bulan Sya’ban maka semua dosanya akan diampuni. Rasulullah Muhammad juga bersabda bahwa siapa saja yang puasa pada tanggal 15 Sya’ban maka dosa-dosanya akan diampuni oleh Allah dan akan masuk surga terbaiknya Allah.

Waktu dan Lama Melaksanakan Puasa Sya’ban
Puasa Sya’ban berapa lama dan waktu pelaksanaannya kapan masih banyak menjadi perdebatan oleh para ulama. Sebagian besar ulama menyarankan untuk melaksanakan puasa Sya’ban pada awal sampai pertangan bulan Sya’ban. Sedangkan pertengahan sampai akhir bulan Sya’ban dilarang untuk berpuasa. Larangan puasa pada pertengahan sampai akhir bulan Sya’ban ini juga masih banyak perdebatan. Sebagian besar memperbolehkan puasa pada pertengahan sampai akhir bulan Sya’ban asalkan pada awal bulan sudah melaksanakan puasa.

Terlepas dari perdebatan waktu dan berapa lama melaksanakan puasa Sya’ban ini manfaat puasa sya ban memang sangatlah besar. Oleh karena itu, umat Islam sangat disarankan untuk melaksanakan puasa sunah pada bulan Sya’ban walaupun satu hari. Selain puasa sunah, juga sangat disarankan untuk memperbanyak melakukan ibadah seperti beramal dan melakukan banyak kegiatan yang mulia.