Postingan

Manfaat Membaca Ayat Kursi Setelah Sholat, Surat dengan Banyak Kemuliaan

Manfaat membaca ayat kursi setelah sholat sudah banyak dibahas dalam banyak referensi dan keutamaan ini juga telah disabdakan Rasulullah. Sebenarnya manfaat membaca ayat kursi tidak hanya bisa dilakukan setelah sholat saja. Dalam beberapa hadist juga disebutkan bahwa ketika akan bepergian dan tidur, membaca ayat kursi sangat disarankan. Ayat kursi merupakan sebuah ayat yang mengandung doa. Rasulullah pernah bersabda bahwa “tidaklah Allah menciptakan langit dan bumi melebihi agungnya ayat kursi”.
Beberapa Keutamaan dan Manfaat Membaca Ayat Kursi
Berikut ini beberapa hikmah dan manfaat membaca ayat kursi setelah selesai sholat. Pertama, ayat kursi adalah ayat yang paling agung dalam Al Quran. Hal ini dikarenakan dalam ayat kursi terdapat nama Allah yang paling agung, Al Hayyu dan Al Qayyum. Selain itu juga dalam salah satu riwayat disebutkan bahwa Rasulullah suatu saat pernah bertanya pada salah satu sahabatnya, Ubay bin Kaab. Rasulullah menanyakan kepadanya ayat mana dalam Al Quran yang paling mulia, dan Ubay menjawab Ayat Kursi. Mendengar jawaban itu Rasulullah menepuk pundak Ubay dan memuji, “berbahagialah dengan ilmu yang engkau miliki”.
Kedua, manfaat membaca ayat kursi setelah sholat adalah diamankan dari godaan syaitan pada saat tidur atau safar, serta diselamatkan dari kejahatan penguasa yang zolim. Selain itu, membaca ayat kursi setelah sholat juga berdampak pada tolak bala, dimana akan dijauhkan dari kehilangan harta berupa kecurian, kebakaran, maupun bencana alam lainya. Namun terkadang ada jumlah tertentu yang dianjurkan untuk membaca ayat kursi setelah selesai sholat supaya mendapatkan manfaat. Ada yang menganjurkan 100 kali, 1000 kali, dan seterusnya. Tentu saja semakin banyak jumlahnya akan semakin baik khasiatnya. Manfaat membaca ayat kursi setelah solat juga bisa digunakan sebagai sarana mengabulkan doa.
Ketiga, manfaat ayat kursi jika dibaca setelah sholat sebenarnya tidak hanya dilakukan pada saat selesai sholat. Amalan ini juga baik dilakukan sebelum memulai kegiatan penting lainya seperti tidur atau bepergian. Jika kita membaca ayat kursi sebelum tidur, maka malaikat akan menjaga tidur kita hingga fajar. Namun membaca ayat kursi ini bukan diniatkan sebagai doa pencari berkah. Kita harus tetap berharap pada keagungan Allah dengan segala kuasanya untuk mengabulkan doa kita. Membaca ayat kursi adalah sebagai amalan, sama seperti sholat dan zakat.
Selain itu, manfaat ayat kursi juga berguna pada saat darurat seperti perang atau sedang memiliki hajat tertentu. Dalam sebuah riwayat dikatakan bahwa jika Anda terkepung musuh, membaca ayat kursi sebanyak 170 kali dapat mengaburkan pandangan musuh sehingga tidak dapat terlihat. Barang siapa membaca ayat kursi sebanyak 1000 kali dalam sehari semalam, selama 40 hari, maka Allah akan membukakan pandangan rohaninya. Itulah beberapa manfaat membaca ayat kursi setelah sholat. Semoga Anda tercerahkan.