Postingan

Manfaat Kincir Air Dalam Kehidupan Sehari Hari di Indonesia

Di beberapa daerah di Indonesia terutama di desa-desa, kita masih bisa melihat adanya kincir air. Alat yang terlihat sederhana ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk masyarakat. Biasanya kincir air dibuat secara bergotong royong menggunakan bahan kayu. Dibeberapa tempat lainnya, telah mampu dibuat kincir air yang lebih modern bahkan otomatis. Kincir yang modern sudah terbuat dari besi dan pipa paralon. Walaupun berbeda bentuk, tetapi manfaat kincir air dalam kehidupan sehari hari tersebut sama, karena cara kerjanya yang tidak berbeda.
Kincir air akan dibuat dengan pola seperti bentuk kipas. Kerangkanya berbentuk bulat dengan adanya kuas pada bagian tengah yang berfungsi sebagai poros. Dengan adanya poros ini, maka kincir dapat berputar berkat adanya daya dorong dari air yang sedang mengalir. Air yang biasanya berasal dari sungai akan ikut bergerak bersama dengan pergerakan kincir. Dari pergerakan tersebut, maka manfaat kincir air dalam kehidupan sehari hari bisa diperoleh. Manfaat tersebut adalah:
Untuk keperluan irigasi
Salah satu manfaat kincir air bagi petani Indonesia adalah untuk pengairan atau irigasi. Kincir air yang digunakan untuk irigasi tersebut akan mampu memindahkan air dari tempat yang rendah ke tempat yang lebih tinggi. Biasanya air berasal dari sungai, untuk kemudian dipindahkan oleh kincir keparit-parit yang terhubung dengan sawah. Di beberapa desa yang terletak di Provinsi Jambi, kincir air seperti ini masih banyak digunakan.
Pengolahan hasil pertanian
Selain untuk irigasi, kincir air juga dimanfaatkan para petani untuk mengolah hasil-hasil pertanian. Kincir yang digerakkan oleh air tersebut akan memiliki energi kinetik yang dapat dimanfaatkan untuk menggiling padi. Selain itu, jagung dan hasil-hasil pertanian lainnya juga dapat ditumbuk dengan alat yang terhubung pada kincir. Dengan cara ini petani dapat menggunakan energi yang murah dan ramah lingkungan dalam mengolah hasil-hasil pertaniannya.
Pembangkit listrik
Dibeberapa tempat di tanah air yang belum teraliri listrik dari PLN, kincir air digunakan sebagai pembangkit tenaga listrik. Kincir yang digerakkan oleh air sungai akan menggerakan turbin, sehingga energi kinetik yang dimiliki dapat dirubah menjadi energi listrik. Kemudian listrik tersebut dialirkan keseluruh desa untuk menghidupkan lampu dan berbagai kebutuhan lainnya. Dengan demikian manfaat kincir air bagi manusia akan sangat terasa.
Kincir air tradisional dan sederhana yang ada di desa-desa sebenarnya menjadi cikal bakal dari alat modern yang ada di PLTA atau Pembangkit Listrik Tenaga Air. Dengan teknologi yang lebih maju, manfaat kincir air dalam kehidupan sehari hari dapat dibuat lebih efisien dan dirasakan oleh lebih banyak orang. Sebagai negara yang memiliki banyak sungai dan air terjun, seharusnya Indonesia mampu lebih mengembangkan dan memanfaatkan teknologi kincir air.