Postingan

Keistimewaan, Manfaat Sholat Tasbih dan Bahayanya

Sholat tasbih adalah salah satu sholat yang amalannya tidak sunah dan tidak pula wajib. Sholat tasbih bukan merupakan amalan yang dianjurkan Rasulullah, namun sholat ini boleh dilakukan sebagai wasilah jika memiliki hajat. Manfaat sholat tasbih dan bahaya menjadi salah satu pokok bahasan dimana ulama sendiri berbeda pendapat soal ini. Salah satu manfaat dan bahaya sholat tasbih adalah membaca kalimat yang disukai Allah. Sholat tasbih adalah sholat yang dominan menggunakan bacaan tasbih, dimana bacaan ini adalah mensucikan Allah.
Kedua, manfaat sholat tasbih untuk menolak bahaya adalah akan memberatkan timbangan amal. Sebagaimana yang diriwayatkan Bukhari dan Muslim bahwa “ada dua kalimat yang keduanya ringan diucapkan di lidah namun memberatkan timbangan amal, dan keduanya disukai Allah, yaitu Subhanallah wa bi hamdihi subhanallahil adzim. Melakukan sholat tasbih termasuk membaca kalimat tersebut. Dan itulah yang akan memberatkan timbangan amal kita kelak. Sebagai manusia kita cukup sadar diri bahwa amalan kita belumlah sebanyak para pendahulu yang rajin beribadah. Terlebih di zaman penuh fitnah ini perkara syubhat menjadi perilaku wajar.
Ketiga, seperti diriwayatkan Bukhari dan Muslim dalam salah satu hadist yang artinya “barang siapa mengucapkan subhanallahi wa bi hamdihi sebanyak 100 kali, maka Allah akan menghapuskan kesalahannya meskipun sebanyak buih lautan”. Itulah manfaat sholat tasbih dan bahaya. Sholat tasbih menjadi amalan yang jarang kita lakukan dan hampir luput dari perhatian kita. Kita lebih banyak berfokus pada amalan yang menambah pahala, memperbanyak rezeki, dan segala amalan yang sifatnya menambah dan menambah. Hingga kita lalai bahwa banyak juga amalan yang menghapuskan dosa, terutama amalan sholat.
Keempat, salah satu manfaat sholat tasbih bagi manusia adalah seperti memiliki kebun kurma di surga. Hal ini sesuai dengan hadist riwayat Tirmidzi yang artinya “ barang siapa mengucapkan subhanallahil adzimi wa bi hamdihi, maka ditanamkan baginya satu pohon kurma di surga”. Tentu saja ini hadiah dan kemuliaan yang sangat besar. Belum lagi bila Anda melakukan amalan yang pahalanya dibangunkan rumah di surga. Bukankah bekal Anda sudah banyak. Kelak di surga Anda memiliki aset banyak akibat perbuatan amal Anda selama di dunia, berbahagialah.
Kelima, manfaat sholat tasbih dan bahaya adalah bisa terhindar dari kesedihan dan penyakit keras. Bagi Anda yang sedang menderita penyakit, melakukan sholat tasbih bisa menjadi wasilah kesembuhan Anda. Hal ini sesuai dengan kisah sahabat yang mendatangi Rasulullah dan minta diajarkan kalimat toyyibah sehingga mendapatkan manfaatnya. Maka Rasulullah mengajarkan sahabat itu kalimat “subhanallahi wa bi hamdi subhanallahil adzim” sebanyak tiga kali maka akan terhindar dari kusta, penyakit belang, lumpuh otak, dan sebagainya, diriwayatkan Ibnu as-Sunni dan Ahmad.