Ini Dia Manfaat UKG Bagi Guru Honor, Bukan Sekedar Ujian!

Manfaat UKG Bagi Guru Honor - UKG atau Ujian Kompetensi Guru beberapa waktu terakhir ini ramai dibicarakan, terutama di kalangan para pendidik atau guru. Ujian Kompetensi Guru memicu pro dan kontra, karena dianggap kurang memiliki manfaat. Selain itu ada pandangan yang berkembang di masyarakat bahwa ujian ini kelak akan mempersulit guru memperoleh tunjangan profesi maupun sertifikasi. Apalagi, UKG tidak hanya mengikutsertakan guru PNS, tetapi juga guru honorer. Padahal, apa sih manfaat UKG bagi guru honor?

Manfaat UKG Bagi Guru Honor,ukg guru,sudah sertifikasi,tujuan ukg,ukg 2016,manfaat ukg,manfaat uji,uji kompetensi,kompetensi guru,tidak lulus,lulus ukg,dampak ukg,profesionalisme guru,
Baca juga : 4 Manfaat Vaseline Pure Petrolium Jelly Untuk Wajah
Bagi Anda guru yang belum mengikuti ujian ini, Anda mungkin juga bertanya apa itu Ujian Kompetensi Guru atau UKG? Nah, adanya kebijakan UKG bagi semua guru termasuk honorer ternyata memiliki tujuan yang baik. UKG adalah ujian yang diberikan kepada guru baik PNS maupun honorer, di negeri maupun swasta yang memiliki tujuan sebagai alat atau sarana untuk memetakan kompetensi atau kemampuan guru. Dengan demikian, pemerintah dan kementrian pendidikan khususnya memiliki gambaran mengenai kompetensi guru. 

Lalu, kenapa guru honor juga diikutsertakan? Apa manfaat UKG bagi guru honor? Guru honor juga merupakan seorang guru, dimana ada tanggung jawab pendidikan dan pengajaran yang diemban oleh mereka, yaitu mendidik putra-putri bangsa. Karena itu, pemerintah wajib tahu bagaimana kompetensi dari orang-orang yang mengemban peran penting dalam pembangunan pendidikan generasi penerus. Sesudah mengetahui dan memiliki peta kompetensi guru, pemerintah tentu bisa mengambil kebijakan yang lebih baik.

Kebijakan apa yang bisa diambil setelah UKG? Diantaranya kebijakan menyangkut bagaimana upaya-upaya untuk meningkatkan dan mendorong kompetensi guru demi memajukan pendidikan di Indonesia. Jika guru-guru sama sekali tidak pernah dites, diuji kemampuannya, maka dari mana pemerintah bisa mengambil informasi yang tepat untuk memetakan kualitas pendidikan di Indonesia? Soal-soal UKG disusun untuk mengukur kompetensi para pendidik, sehingga bisa dilihat kemampuan sekaligus kelemahannya. 

Dengan demikian manfaat UKG bagi guru honor juga besar. Karena sekalipun statusnya adalah guru honor, namun bukan berarti guru honor tidak memiliki kemampuan. Ketika guru honor juga diuji, artinya guru honor juga memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan dukungan bagi peningkatan kompetensinya. Termasuk diberikan apresiasi apabila hasil UKG guru honor ternyata banyak yang memuaskan. Guru honor selain memiliki pengabdian yang besar juga memiliki kualitas yang tidak boleh diragukan. 

Jika Anda belum mengikuti Ujian Kompetensi Guru, maka ikutilah. Karena manfaat UKG bagi guru honor apalagi bagi guru PNS tidak sedikit. Setidaknya hal ini bisa memotivasi para guru untuk terus belajar, meningkatkan kompetensinya, agar bisa selalu memberikan pelayanan pendidikan terbaik bagi siswa-siswi dimana pun. Nilai yang didapatkan melalui UKG memang bukan satu-satunya alat untuk mengukur kemampuan, namun setidaknya peta pendidikan Indonesia akan lebih jelas dan bisa semakin maju.