Pro dan Kontra Mengenai Manfaat Puasa Weton Sendiri

Puasa weton atau puasa pada hari kelahiran sendiri adalah puasa yang dilakukan setiap hari kelahiran Jawa. Jika Anda lahir pada Kamis Kliwon, maka setiap Kamis Kliwon yang jatuh sekali dalam selapanan Anda bisa berpuasa weton. Dalam syariat Islam puasa weton sendiri tidak diajarkan, sehingga tidak dianjurkan untuk dilaksanakan. Namun puasa weton masih diamalkan oleh mereka yang menganut Islam Kejawen. Yaitu pemeluk agama Islam namun masih meyakini dan mengamalkan tradisi Jawa. Lalu, sebenarnya adakah manfaat puasa weton sendiri? 

Walaupun aturan mengenai puasa weton dalam Islam tidak ada, namun mereka yang melaksanakan dan meyakini Puasa weton tentunya merasakan manfaat dari puasa tersebut. Yang penting adalah dalam pelaksanaan puasa tersebut kita harus menghindari perbuatan syirik. Yaitu ketika puasa weton yang kita lakukan ditujukan karena hal-hal yang dilarang agama. Misalnya, berharap sesuatu kepada selain Allah SWT melalui dilakukannya puasa weton. Hal ini sangat dilarang keras dalam agama Islam. 

manfaat puasa weton pacar,puasa weton untuk pengasihan,niat puasa weton orang yang dicintai,tata cara puasa mutih yang benar,niat puasa hari lahir rabu,

Baca Juga : 5 Manfaat Puasa Senin Kamis Menurut Kejawen

Beberapa manfaat puasa weton sendiri tidak banyak berbeda dari manfaat berpuasa secara umum. Diantaranya adalah puasa merupakan cara untuk menjaga kesehatan tubuh seseorang. Karena dalam berpuasa, termasuk puasa weton tubuh akan mendetoksifikasi atau mengeluarkan timbunan racun dari dalam tubuh. Selain detosifikasi, system pencernaan juga akan semakin baik, karena saat berpuasa lambung dan alat pencernaan lainnya akan beristirahat sejenak dan memperbaiki dirinya. Apalagi jika diiringi dengan konsumsi menu sehat diluar waktu puasa. 

Selain manfaat puasa bagi kesehatan diatas puasa juga bermanfaat untuk melatih mental. Yaitu orang yang terbiasa puasa akan lebih terlatih dalam menahan diri, menahan emosi dan berpikir secara bijaksana dan arif. Pengendalian diri yang baik akan bermanfaat dalam kehidupan social seseorang. Termasuk dalam hal memecahkan atau menghadapi masalah. Biasanya, beban hidup yang berat lebih bisa diatasi oleh mereka yang secara emosi lebih stabil dan mapan. 

manfaat puasa weton pacar,puasa weton untuk pengasihan,niat puasa weton orang yang dicintai,tata cara puasa mutih yang benar,niat puasa hari lahir rabu,

Baca Juga : 4 Manfaat Puasa Sya Ban Menurut Islam

Diluar manfaat diatas, manfaat puasa weton sendiri juga merupakan sarana bagi diri untuk berintropeksi dengan mengingat hari kelahirannya. Hari kelahiran adalah siklus penting dalam kehidupan seorang manusia. Karena pada momen tersebutlah seseorang mendapatkan amanah usia, berikut segala kewajiban yang diemban sebagai manusia untuk memberi warna yang baik bagi dunia. Dengan berpuasa weton, maka seseorang bisa kembali mengingat mengenai diri dan tujuan penciptaannya atau tujuan hidup. 

Jadi, walaupun puasa weton tidak diajarkan dan dianjurkan dalam agama, namun manfaat puasa weton sendiri tidak sedikit. Apabila seseorang memilih menjalankan puasa weton atau tidak hal tersebut merupakan hak pribadinya. Karena keyakinan seseorang tidaklah dapat dicampuri. Namun, yang harus disadari adalah dalam berpuasa apapun hendaknya tidak ditujukan atau diniatkan untuk hal-hal yang musyrik.