Postingan

Manfaat Energi Bunyi Bagi Kehidupan Manusia Dalam Bentuk Alat Elektronik

Disadari atau tidak, ada banyak manfaat energi bunyi bagi kehidupan manusia. Manusia sudah lama hidup sejak ribuan tahun lalu tapi masih banyak berfokus pada pembangunan dan penciptaan teknologi tepat guna yang ukurannya makro, seperti membuat bangunan, jembatan, pengungkit sederhana, maupun mekanisme kendaraan. Belum lagi manusia juga disibukkan dengan pembukaan lahan pertanian untuk memenuhi kebutuhan pangan yang semakin meningkat seiring perkembangan populasi manusia itu sendiri.
Bentuk Energi Bunyi yang Digunakan Dalam Kehidupan Sehari-hari
Tanpa sadar, ada banyak manfaat dari energi bunyi bagi kehidupan manusia yang belum sepenuhnya dipelajari dan digunakan kemanfaatanya secara maksimal. Manfaat energi bunyi bagi kehidupan manusia diantaranya ditemukan diantara abad 19 hingga 21 ini. Jika kita melihat ibu hamil yang diperiksa menggunakan alat pendeteksi kandungan bernama Ultra Sonografi, atau lebih sering dikenal dengan USG, itulah salah satu bentuk penggunaan energi bunyi dalam kehidupan sehari-hari, khususnya dalam bidang kesehatan.
Alat USG memanfaatkan energi bunyi berupa pantulan bunyi ultrasonik yang memiliki frekuensi gelombang lebih tinggi dari pada yang bisa didengar manusia pada umumnya. Alat USG bekerja dengan cara memantulkan gelombang bunyi secara terus menerus ke suatu bidang tertentu, dalam hal ini perut si ibu hamil. Gelombang itu kemudian ditangkap oleh sensor dan menghasilkan citra tertentu berupa grafik atau gambar. Gambar pantulan bunyi inilah yang ditangkap oleh mata kita sebagai bentuk janin bayi yang sedang berkembang pada usia tertentu.
Manfaat energi bunyi yang lain adalah penggunaan Echo Sounder pada kapal. Piranti ini berfungsi sebagai alat pengukur kedalaman laut. Prinsip kerjanya adalah dengan memancarkan bunyi berfrekuensi tinggi yang diarahkan ke bagian dasar laut. Gelombang bunyi ini akan mengenai dasar laut dan memantul kembali ke bagian bawah kapal. Gelombang bunyi kemudian akan ditangkap oleh sensor berupa piranti hidrofon.
Cara mengukur kedalaman ini adalah menghitung waktu yang diperlukan oleh gelombang bunyi untuk ditangkap hidrofon setelah sebelumnya dilepaskan oleh echo sounder. Waktu ini kemudian dimasukkan dalam rumus mencari jarak, dimana S = v.t, S=jarak, v=kecepatan, dan t=waktu tempuh.
Mungkin banyak yang lupa bahwa Alexander Graham Bell pertama kali menciptakan telepon adalah juga dengan mengubah bentuk energi, dari energi listrik menjadi energi bunyi melalui alat itu. Manfaat Energi Bunyi Bagi Kehidupan Manusia salah satunya dinikmati pasangan Alexander Graham Bell dan pacarnya Margaret Hallo.
Pada pengujian pertama kali perangkat telepon ini, Bell menyapa pacarnya, “Hallo ?”. Dan begitulah awal mula kita menggunakan kata halo saat mengawali pembicaraan dalam telepon. Seperti itulah tadi manfaat energi bunyi bagi kehidupan manusia. Pada dasarnya energi bunyi adalah bentuk transformasi energi saja yang diubah dengan bantuan alat. Energi bunyi sebenarnya berasal dari energi listrik yang diubah dan dimanfaatkan oleh manusia